Senin, 24 Oktober 2011

PEMANFAATAN CLOUD COMPUTING DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

PEMANFAATAN CLOUD COMPUTING
DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

ABSTRAKSI
Penulisan ini akan membahas Cloud Computing atau Komputasi Awan secara umum. Dan menampilkan beberapa contoh pemanfaatan dalam kehidupan sehari-hari.

1. PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG
Penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari sudah merupakan hal yang umum. Digunakan dengan Software dan Hardware. Seiring berkembangnya teknologi, terciptanya konsep komputasi terbaru yaitu Cloud Computing atau bahasa Indonesianya Komputasi Awan. Cloud Computing secara umum adalah layanan berbasis teknologi informasi (seperti storage, processor time, software) yang bisa digunakan dengan hanya menyewa jasa tersebut.

1.2. TINJAUAN PUSTAKA

1.2.1. Internet
Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan berbagai komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon.

1.2.2. Web

Web adalah fasilitas hiperteks untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan kita membaca data dan informasi pada Web dapat digunakan Web Browser seperti Internet Explorer atau Netscape Communicator.




1.2.3. Software

Software (perangkat lunak atau program) adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang diatur sedemikian sehingga komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara tertentu. Bentuk terkecil dari software adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun software / perangkat lunak.
Software disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Software juga merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

1.2.4. Cloud Computing(Komputasi Awan)

Istilah awan historis telah digunakan sebagai metafora untuk Internet. Penggunaan ini awalnya berasal dari gambaran umum dalam diagram jaringan sebagai garis besar awan, yang digunakan untuk mewakili transportasi data di backbone carrier (yang dimiliki oleh awan) ke lokasi titik akhir di sisi lain dari awan. Konsep ini dimulai pada awal 1961, ketika Profesor John McCarthy menyatakan bahwa teknologi komputer time-sharing dapat menyebabkan masa depan dimana daya komputasi dan bahkan aplikasi spesifik dapat dijual melalui model bisnis seperti menjual listrik. Ide ini menjadi sangat populer di tahun 1960, tapi pada pertengahan 70-an gagasan itu secara bertahap menghilang ketika menjadi jelas bahwa teknologi IT yang berhubungan dengan hari itu tidak mampu mempertahankan model komputer yang begitu futuristik. Namun, sejak pergantian Millenium, telah merevitalisasi konsep. Saat ini kebangkitan komputasi awan mulai muncul di kalangan teknologi.

2. PEMBAHASAN

Cloud Computing secara sederhana adalah layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh pelanggannya melalui jaringan Internet. Kata-kata "Cloud" sendiri merujuk kepada simbol awan yang di dunia TI digunakan untuk menggambarkan jaringan Internet (Internet cloud).
Salah satu pemanfaatan komputasi awan adalah software office yang bisa kita gunakan sehari-hari yaitu pengolah kata dan pengolah data. Layanan komputasi awan tersebut telah di sediakan oleh penyedia jasa komputasi awan, salah satunya adalah Zoho.com . Berikut contohnya :

Gambar 2.1. Tampilan Zoho writer

Yang perlu dilakukan untuk menggunakan Zoho writer adalah, cukup dengan registrasi secara gratis.
Selain pengolah kata berbasis web yang gratis, ada juga fasilitas storage berbasis internet yang dapat digunakan untuk menyimpan data ataupun untuk berbagi file. Salah satunya :

Gambar 2.2. Tampilan MediaFire
Komputasi awan juga menyediakan bagi para programer untuk menciptakan program, beberapa contoh layanan yang disediakan adalah Google App Engine dan Zoho Creator. Berikut adalah tampilan Zoho Creator :


Gambar 2.3. Tampilan Zoho creator

Demikian lah contoh layanan komputasi awan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3. KESIMPULAN
Kemajuan teknologi yang terus-menerus berkembang bertujuan untuk membantu kehidupan manusia agar lebih baik lagi bukan untuk mempersulit manusia itu sendiri, setiap ilmu yang ada harus selalu dikaji dan dikembangkan. Adanya Cloud Computing diharapkan memudahkan manusia untuk menggunakan teknologi.
4. DAFTAR PUSTAKA

• Deny Riyadi, Pengenalan Komputasi Awan dan Tanggapan di Masyarakat, Depok, 2011.
• http://mediafire.com , 24 Oktober 2011
• http://teguh-cahyono.blog.unsoed.ac.id/files/2010/09/SOFTWARE.ppt, Maret 2011
• http://www.detikinet.com/read/2010/02/24/084138/1305595/328/lebih-jauh-mengenal-komputasi-awan, Maret 2011
• http://zoho.com , 24 Oktober 2011
• John W. Rittinghouse and James F. Ransome, Cloud Computing Implementation, Management, and Security, CRC Press Taylor and Francis Group, Boca Raton, 2010.

2 Komentar:

Pada 7 Maret 2017 pukul 20.04 , Anonymous cloud computing indonesia mengatakan...

thanks for info

 
Pada 9 Juni 2017 pukul 00.52 , Blogger aditya farhan mengatakan...

meskipun cloud computing terbilang aman, untuk mengantisipasi kehilangan data, pakai two factor authentication untuk menghindari hack atau anda back up data ke cd/hardisk, tapi atau juga pengeamanan provider yang cukup berkualitas, seperti Biznet GIO Cloud. atau anda bisa periksa cloud service vendor sebagai trust of security. luangkan waktu anda untuk periksa kredensial layanan vendor. Menaruh minat terhadap protokol kemaanan yang pelaku gunakan & verifikasikan rincian mereka

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda