Sabtu, 12 Februari 2011

Penerapan Jarkom

JARINGAN KOMPUTER

Definisi :

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Tujuan dari jaringan komputer adalah:

* Membagi sumber daya. contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
* Komunikasi. contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
* Akses informasi. contohnya web browsing

IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER

Sekarang ini jaringan computer sudah banyak digunakan oleh orang untuk berkomunikasi, baik secara mobile atau non mobile. Karena jaringan komunikasi menjadi suatu kebutuhan primer bagi manusia untuk memenuhi kebutuhannya dalam menerapkan kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit bidang yang menggunakan jaringan komunikasi, berbagai bidang yang menerapkan jaringan komunikasi :

1. Penerapan di Dunia Bisnis

Penggunaan jarkom yang sering kali digunakan pada dunia bisnis ini adalah proses transaksi pembelian maupun penjualan antara penjual dengan pembeli dengan melakukan tawar menawar. Sekarang ini Kita dapat berkomunikasi secara langsung dengan penjual/pembeli walaupun tidak secara tatap muka/lokasi berbeda, tetapi proses itu tidak menghambat karena sekarang ini ada yang namanya “ bisnis mobile” atau penjualan / pembelian produk secara online. Jadi pembeli hanya cukup melihat daftar barang yang dipajang kemudian memesannya.Oleh Karena itu, banyak manfaat yang dapat dirasakan seperti menghemat waktu, mempercepat pendistribusian barang, dll.

2. Penerapan di Dunia Perbankan

Ini yang paling sering dilakukan oleh orang-orang,yaitu transaksi uang.Kalau jaman dulu orang harus mengambil uang ya harus di banknya,namun sekarang dengan adanya kartu transaksi kita dapat mengambil uang secara tunai di cabang manapun tinggal gesek uang langsung di tangan, atau pada saat melakukan pengiriman uang kepada orang yang tempatnya berjauhan maka kita tinggal mentransfer uang dari tabungan saja. Seperti halnya pelayanan electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking dan Internet Banking misalnya, merupakan bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi.

3. Penerapan di Mobile User

Dalam mobile user, Mobile merupakan hal yang paling popular dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana tidak?? Sekarang hampir semua orang punya handhone baik dari yang tingkat satu sampai tingkat sekian. Awal mula muncul handphone itu hanya mempunyai fasilitas teks saja, namun dengan berkembangnya zaman, handphone tidak hanya berupa teks saja melainkan bisa untuk foto, bertukar gambar,chating, bahkan yang sedang ramai sekarang ini adalah penggunaan facebook, semua demi kepuasan para mobile user.

4. Penerapan di Home/Rumah

Penerapan jarkom dirumah contohnya penggunaan internet atau koneksi peer to peer komputer. Dengan internet kita bisa berbagi informasi dengan orang lain baik di dalam ataupun di luar rumah. Contohnya orang menggunakan facebook.

Referensi :

http://udifq.wordpress.com/2011/02/10/implementasi-jarkom/

www. Wikipedia.org

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda