Jumat, 22 Oktober 2010

Ondel - Ondel


Ondel-ondel adalah seni pertunjukan rakyat yang sudah ada sejak berabad-abad di jakarta. Ondel-ondel merupakan seni teater tanpa tutur kata, karena pada awalnya ondel-ondel adalah gambaran nenek moyang yang selalu menjaga dan mengawasi daerah kampung dan seisinya.

Ondel-ondel berbentuk boneka besar yang terdiri rangka anyaman bambu dan rambutnya terbuat dari ijuk. Tingginya kurang lebih 2-3 meter, dengan diameter kurang dari 100 cm. Ini dimaksudkan agar pemikulnya dapat bergerak leluasa didalamnya. Dengan wajah seperti topeng (kedok dalam istilah Betawi) dan mata yang melotot.


Ondel-ondel laki-laki mukanya bercat merah, sedangkan yang perempuan mukanya bercat putih. Biasanya saat iring-iringan hanya ada sepasang ondel-ondel, tetapi tergantung yang punya acara mau berapa pasang. Ondel-ondel biasa dipakai untuk arakan pengantin sunat dan acara besar lainnya.

Musik yang mengiringi ondel-ondel tidak tentu. Ada yang mengiringi dengan musik Tanjidor, ada yang mngiringi dengan musik Gendang Pencak Betawi, dan ada pula yang menggunakan Bende, Kemes, Ningnong dan Rebana Ketimpring.

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda